Adapun pemanfaatan multimedia
dalam kehidupan sehari-sehari yang di lakukan masyarakat dalam berbagai
kategori atau aspek antara lain adalah :
Multimedia Dalam Pendidikan
Barangkali dunia pendidikan adalah dunia
yang paling membutuhkan teknologi ini. Sistem pendidikan CBSA (Cara Belajar
Siswa Aktif) mungkin akan mencapai sasarannya dengan menggunakan teknologi ini.
Para siswa dapat langsung melihat dan mendengar tentang hal-hal yang
dipelajarinya. Sebagai contoh, seorang siswa membuka aplikasi multimedia
sejarah.
Pemanfaatan
teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan dapat dilaksanakan dalam
berbagai bentuk susuai dengan fungsinya dalam pendidikan. Fungsi teknologi
informasi dan Pemanfaatan teknologi informasi dan
komunikasi (TIK) untuk pendidikan sudah menjadi keharusan yang tidak dapat
ditunda-tunda lagi. Berbagai aplikasi teknologi informasi dan komunikasi sudah
tersedia dalam masyarakat dan sudah siap menanti untuk dimanfaatkan secara optimal
untuk keperluan pendidikan. Pada kondisi riil, teknologi informasi dan
komunikasi dalam pendidikan nantinya berfungsi sebagai gudang ilmu, alat bantu
pembelajaran, fasilitas pendidikan, standar kompetensi, penunjang administrasi,
alat bantu manajemen sekolah, dan sebagai infrastruktur pendidikan
Multimedia Dalam Bisnis
Pengimplementasian multimedia dalam
lingkup bisnis mencakup presentasi, pelatihan, marketing, periklanan, demo
produk, database catalog dan komunikasi jaringan. Voice Mail dan Video
Confrence dalam waktu dekat ini akan tersedia dibanyak LAN (Local Area Network)
dan WAN (Wide Area Network).
Pelatihan SDM (Sumber Daya Manusia)
dapat menjadi lebih hidup dan imajinatif. Seorang mekanik dapat mempelajari
cara kerja mesin tanpa harus dilumuri oli. Pramugari dapat belajar mengatasi
para pembajak melalui suatu simulasi multimedia. Para penjual dapat
mendemonstrasikan produk perusahaannya tanpa harus membawa produk aslinya,
tetapi tetap memberikan gambaran yang sama hebatnya.
Pada
Bidang Transformasi
Dengan komputer semua jadwal dan
jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di program dan dijadwalkan dengan
komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan
komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat bisa di
terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam
kmputer.
Dengan komputer, narigasi kapal
laut bisa ditentukan koordinat dan arah
gerak kapal.
Pada Bidang pengiriman Barang
Kantor Pos bisa mengirimkan
dokumen pengiriman barang lebih cepat dan akurat.Dengan adanya komputer dan
internet orang tidak lagi menunggu berhari-hari menerima surat, cukup lewat
email saja lebih cepat dalam sekejap , jadi dunia menjadi semakin sempit dalam
arti bisa diakses sedemikian cepatnya.
Pada Bidang Otomotif dan Jasa Konstruksi
Mobil-mobil di buat dari kerangka
body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan bantuan robot yang
dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Dengan bantuan komputer
pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah ratusan perbulan,
yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga manusia.
Dengan komputer para Insiyur dan
Arsitek mendesain gambar konstruksi dengan pemodelan dan perhitungan yang
akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi didesain menggunakan program CAD,
sedangkan untuk perhitungan analisis dan penganalisa kekuatan menggunakan
program SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan dengan bantuan komputer.
Sebagai alat Promosi produk atau perusahaan
Penyajian suatu informasi akan
lebih menarik apabila ditampilkan dalam suatu media yang dapat menggabungkan
berbagai bentuk informasi yang ada. Salah satu pemanfaatan kemajuan teknologi
dalam bidang informasi khususnya komputer adalah Multimedia. Multimedia dewasa
ini merupakan salah satu alat penyampaian informasi dalam bentuk gambar,
animasi, teks, suara atau video, yang mudah dicerna oleh siapa saja. Multimedia
berasal dari kata Multi yang berarti banyak, dan Media yang berarti sarana atau
piranti untuk berkomunikasi. Jadi Multimedia adalah sarana atau piranti
komunikasi melalui lebih dari satu media komonikasi yang berbasis komputer
untuk menyampaikan suatu Sistem informasi.
Referensi :
2.
eprints.undip.ac.id/38139/
3.
journal.usm.ac.id/jurnal/transit/478/detail/
4.
sudonlod.blogspot.com/2013/.../ebook-pemanfaatan-multimedia.htm.
5.
apeace.web.id/pemanfaatan-multimedia-untuk-peningkatan-mutu-pe...
7.
atiyah-apaaja.blogspot.com/.../pemanfaatan-multi-media-untuk.html
8.
pcahyono.blogspot.com/p/download.html
9.
blog.tp.ac.id/strategi-pemanfaatan-multimedia-pembelajaran
10.
blog.tp.ac.id/pdf/tag/abstrak-artikel-pemanfaatan-multimedia.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar